Deswati

Pagi itu saya dan teman-teman sudah bersiap menuju lokasi demo. Saya dan teman-teman hari itu akan menghadiri demo di kota ini, untuk yang ket...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengunakan WAG Pembelajaran Daring Efektif
Sumber: google

Mengunakan WAG Pembelajaran Daring Efektif

Mengunakan WAG Pembelajaran Daring Efektif

#Tantanganmenulisgurusianaharike-65#

Oleh: Deswati, M.Pd

Persiapan pembelajaran daring terus dilakukan oleh para pendidik. Masih banyak juga yang masih memikirkan, daring seperti apa yang menjadi solutif, agar pembelajaran daring tidak merepotkan bagi guru yang sudah umur tidak lagi muda untuk mengunakan teknologi.

Memang, teknologi lebih familiar pada guru yang masih muda. Tetapi tidak tertutup kemungkinan guru senior yang akan memasuki purnabakti. Semua pendidik tanpa kecuali, harus melaksanakan pembelajaran daring, di zona terlarang pada masa pandemi ini. Agar pembelajaran terus dilakukan untuk memenuhi hak belajar siswa, maka dapat dipilih pembalajaran daring yang mudah dan efektif.

Whatshap adalah aplikasi yang sangat familiar bagi penguna android. Saat pembelajaran komunikasi dapat dilakukan satu arah dan dua arah dengan mengubah setelan group. Bagaimana supaya pembelajaran bisa efektif mengunakan WAG? Mari ikuti penjelelasan selanjutnya.

Langkah-langkah melakukan pembelajaran daring mengunakan WAG yaitu,

Persiapan pembelajaran

1. Persiapkan materi pembelajaran, bisa file powerpoint interaktif, pdf, doc. video

2. Buat absensi kehadiran siswa di google form

3. Buat khusus group siswa untuk mata pelajaran. Guru sebagai Admin (tidak ada Admin lain)

4. Gabungkan siswa ke WAG. Dengan mengirimkan link group ke siswa

5. Lakukan setelan group pada WAG saat siswa bergabung. Untuk komunikasi satu arah

6. Lakukan perekam suara untuk presentasi guru, mengunakan Voice Notes (VN) pada rekam suara di android.

Pelaksanaan Pembelajaran

1. Buka WAG, klik setelan group, pilih kirim pesan, klik hanya admin. Cara ini dilakukan untuk melakukan komunikasi satu arah. Siswa hanya menerima penjelasan dari guru.

2. Kirim link presensi google form ke WAG. Berikan penjelasan kepada siswa untuk mengisi absen kehadiran.

3. Kirim materi pembelajaran file presentasi power point/ pdf/doc/video ke WAG. Berikan penjelasan pada siswa untuk membuka file dan membaca terlebih dulu materi pembelajaran.

4. Kirimkan Voice Notes (VN) ke WAG. Berikan penjelasan agar siswa membuka dan mendengarkan penjelasan dari VN.

5. Setelah selesai guru melakukan presentasi, melalui VN. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanggapi pembelajaran. Guru mempersilahkan beberapa siswa untuk menanggapi/ bertanya, dengan menulis nama dan pertanyaan/tanggapan. Guru membuka setelan WAG (anggota mengirimkan pesan) agar siswa dapat mengirimkan pertanyaan/tanggapan. Setelah siswa selesai menuliskan pertanyaan/tanggapan maka setelan WAG di ubah lagi (hanya Admin kirim pesan) Selanjutnya guru menjawab pertanyaan/tanggapan.

6. Setelah selesai guru menjawab pertanyaan/ tanggapan siswa. Kembali setelan WAG di ubah kirim pesan untuk semua. Saat itu terjadi komunikasi dua arah antara guru dan siswa, atau siswa antara siswa.

7. Minta siswa memberikan kesimpulan, setelah itu guru melakukan konfirmasi.

8. Pelaksanaan penilaian dapat dilakukan saat pembelajaran, tentunya keaktifan siswa dalam bertanya/menanggapi/ menjawab pertanyaan. Saat itu guru melakukan penilaian proses pembelajaran.

Selesai Pembelajaran

1. Lakukan download di google form, untuk mengambil presensi kehadiran siswa. Saat pembelajaran.

2. Ubah setelan WAG menjadi hanya admin yang dapat mengirimkan pesan. (berarti proses pembelajaran telah selesai)

Demikianlah pembelajaran daring mengunakan WAG. Pembelajaran ini efektif dilakukan, Dan pembelajaran daring seperti ini, tidak merepotkan guru. Karena whatshap aplikasi yang sangat familiar. Yang penting quota internet ready. Proses pembelajaran pasti berjalan lancar. Semoga dapat dilakukan.

Pekanbaru, Selasa 14 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yg mantul bucan

14 Jul
Balas

terima kasih bu

15 Jul

Mantap bun, terimakasih infonya

15 Jul
Balas

terima kasih bu

15 Jul

Keren ibu cantik, ulasannya sangat informatif, terima kasih sudah berbagi ilmu dengan kita semua.. Sukses ya bu.. Salam

14 Jul
Balas

terima kasih bu, salam literasi

15 Jul

Informatif sekali.

14 Jul
Balas

Terima kasih bu

15 Jul



search

New Post